Penyebab Kapal Selam Hitler Tenggelam di Laut Jawa

Thursday, November 21st 2013. | Informasi

Baroinfo - Bangkai kapal selam milik Jerman U-Boat 168 berhasil ditemukan di dasar laut perairan Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah. Kapal selam milik tentara Hitler itu ditemukan oleh tim Arkeologi Nasional Indonesia.

Penyebab Kapal Selam Hitler Tenggelam di Laut JawaPeneliti Pusat Arkeologi Nasional, Shinatria Adhityatama menjelaskan bahwa kapal selam itu buatan tahun 1942. Kapal selam jarak jauh ini diduga merupakan kapal selam milik tentara Hitler yang dikirim untuk membantu Jepang. “Ini mungkin jejak Jerman di Indonesia.

Mereka kabarnya ikut membantu Jepang menjaga kawasan Asia Pasifik dari sekutu,” kata Shinatria yang melakukan penyelaman bersama dengan senior Pusat Arkeologi Nasional Priyatno Hadi dan Bambang Budi Utomo. Terkait penyebab tenggelamnya kapal U-Boat itu, Shinatria menduga kapal tersebut diserang oleh sekutu, Belanda.

Pasalnya pada tahun 1944, dilaporkan bahwa ada dua kapal selam milik Hitler yang tidak selamat di Laut Jawa. “Kapal ini dahulu mungkin ditembak dengan torpedo oleh sekutu, Belanda,” jelas Shinatria.

Menurut situs Uboat.net, kapal selam seri U-168 itu memang diketahui tenggelam oleh torpedo dari kapal selam Belanda HrMs Zwaardvisch. Dari data yang dilansir situs tersebut, kapal selam U-Boat 168 tenggelam pada pukul 01.30 tanggal 6 Oktober 1944 di Laut Jawa.

“Tenggelam di posisi 06.20S, 111.28E,” demikian kutipan dari situs Uboat.net. Terkait dengan penemuan kapal selam tersebut, banyak yang menduga bahwa Hitler juga melarikan diri ke Indonesia. Namun, dugaan ini masih belum bisa dibuktikan oleh para peneliti.

Sumber

Share Button
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
tags: , , , , , , , ,

Related For Penyebab Kapal Selam Hitler Tenggelam di Laut Jawa